Parid Abdulloh, M.Pd.
Sekolah Tinggi : STAI Al-Aulia
Semester : Semester II
Mata Kuliah : Strategi Belajar Mengajar
Kode Mata Kuliah : MKKP1014
Bobot SKS : 3 SKS
Presentasi, Task Based Learning, Ceramah, Tanya Jawab, Cooperative Learning (Diskusi).
Website : https://www.parid.my.id/
LCD Projector, Handout (PPT), buku teks (textbook), E-book & internet
Resume atau Makalah, Presentasi/Tugas (Direct or Take Home) baik Individu & Kelompok.
Kehadiran
40 %
Tugas
20 %
UTS
20 %
UAS
20 %
Aturan membuat resume:
Resume minimal 7 halaman (termasuk Cover dan Daftar Pustaka)
Resume berbentuk soft file (Docx atau PDF) tidak di print out
File resume di submit melalui link Google Drive (https://drive.google.com/drive/folders/193ZVNrU-ZVwB4GO5JseYENpkL8Px1h0L) atau submit di icon "SUBMIT"
Struktur Resume
Cover
Judul (sesuai topik)
Nama Anggota
Logo Kampus
Fakultas dan Nama Kampus serta Tahun
Pembahasan/Isi
Pembahasan sesuai sub topik
Pembahasan dari teori harus mencantumkan sumber-sumber
Memparafrase dengan bahasa sendiri dari teori
Daftar Pustaka
Minimal 5 Buku sumber dan Jurnal
Untuk Jurnal dari internet, cantumkan DOI/URL
Judul Tugas:
"Simulasi dan Refleksi Microteaching: Menjadi Guru dalam 10 Menit"
Deskripsi Tugas:
Mahasiswa diminta untuk:
Menyiapkan dan menyampaikan microteaching selama 10 menit (boleh daring atau luring).
Materi PAI, tetapi harus sesuai dengan jenjang pendidikan tertentu (SD/MI, SMP/MTs, atau SMA/MA).
Gunakan minimal 3 keterampilan mengajar dasar seperti:
Bertanya (questioning)
Menjelaskan (explaining)
Menggunakan Variasi dalam mengajar
Memberikan penguatan (reinforcement)
Pembukaan dan penutupan pelajaran
Mengajar kelompok kecil dan perseorangan
Mengelola Kelas
Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
Rekam proses pengajaran (jika dilakukan daring) atau lakukan di kelas (jika luring).
Upload video proses pengajaran tersebut di Google Drive atau YouTube
Kirimkan link video pengajaran tersebut ke nomor WhatsApp (085814273829) paling lambat di pertemuan kesebelas.
Tujuan Pembelajaran:
Mahasiswa dapat mempraktikkan keterampilan dasar mengajar.
Mahasiswa dapat melakukan refleksi diri atas praktik mengajarnya.
Mahasiswa dapat mengembangkan kreativitas dalam merancang dan menyampaikan materi ajar.