Model-model pembelajaran menurut para ahli adalah cara atau teknik penyajian materi yang digunakan pendidik dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Model-model pembelajaran adalah suatu cara atau metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar agar siswa dapat memahami materi pelajaran dengan lebih mudah dan menyenangkan.
Berikut adalah beberapa pengertian model-model pembelajaran menurut para ahli:
1. Menurut Kardi dan Nur, ada lima model pembelajaran yang dapat digunakan dalam mengelola pembelajaran, yaitu: pembelajaran langsung; pembelajaran kooperatif; pembelajaran berdasarkan masalah; diskusi; dan learning strategi.
2. Menurut Trianto, model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial.
3. Menurut Joyce & Weil, model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah kurikulum, merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau lingkungan belajar lainnya.
Empat Keterampilan Belajar (4C)
Creativity and innovation, Critical thinking and problem solving, Communication dan Collaboration
Prinsip Pembelajaran Abad 21
Pembelajaran harus berpusat kepada siswa.
Pembelajaran harus kolaboratif.
Belajar harus memiliki konteks.
Sekolah harus terintegrasikan dengan lingkungan masyarakat atau sosial.
Peran dan Kompetensi Pembelajaran Abad 21 Bagi Siswa
Peran siswa dalam penerapan pembelajaran abad 21 antara lain:
Bisa belajar secara kolaboratif
Belajar berbasis masalah
Memiliki kemampuan high order thinking
Belajar mengajukan pertanyaan
Kompetensi siswa dalam penerapan pembelajaran abad 21 antara lain:
Way of Thinking
Skills for Living in The World
Ways of Working
Tools of Working
Karakter dan Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21
Peran guru dalam pembelajaran abad 21:
Resources linkers
Pembangun karakter siswa
Menanamkan entrepreneurial mindset pada siswa
Mengajarkan pemikiran kritis
Menciptakan tantangan kepada siswa
Membangun komunitas belajar
Karakter guru dalam pembelajaran abad 21:
Life-long Learner
Menerapkan Pendekatan Diferensiasi
Kreatif dan Inovatif
Reflektif
Kolaboratif
Mengoptimalkan Teknologi
Menerapkan Student Centered
Model pembelajaran kooperatif adalah strategi pembelajaran yang mengutamakan kerja sama antar siswa dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Karakteristik:
Siswa bekerja dalam kelompok kecil (3-5 orang).
Terdapat interaksi dan ketergantungan positif antar anggota kelompok.
Setiap anggota bertanggung jawab atas keberhasilan kelompok.
Guru berperan sebagai fasilitator.
Contoh Metode:
Jigsaw: Setiap anggota kelompok mempelajari bagian tertentu dari materi dan mengajarkannya kepada anggota lain.
Think-Pair-Share: Siswa berpikir sendiri, berdiskusi dengan pasangan, lalu berbagi dengan kelas.
Keunggulan:
Meningkatkan keterampilan sosial dan kerja sama.
Mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam.
Kelemahan:
Memerlukan pengelolaan kelas yang baik.
Risiko siswa pasif dalam kelompok.
PBL adalah model pembelajaran yang menempatkan masalah sebagai fokus utama untuk memotivasi siswa dalam mengeksplorasi dan menemukan solusi.
Karakteristik:
Siswa diberikan permasalahan autentik.
Proses pembelajaran berbasis investigasi.
Guru berperan sebagai pembimbing, bukan pemberi informasi utama.
Langkah-Langkah:
Penyajian masalah.
Identifikasi informasi yang dibutuhkan.
Penyelidikan dan pengumpulan data.
Analisis dan sintesis solusi.
Presentasi hasil.
Keunggulan:
Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah.
Menghubungkan teori dengan praktik.
Kelemahan:
Membutuhkan waktu lebih lama.
Membutuhkan keterampilan berpikir yang lebih tinggi.
PjBL adalah model pembelajaran yang berpusat pada proyek sebagai sarana bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan.
Karakteristik:
Berbasis proyek nyata yang relevan dengan dunia nyata.
Proses pembelajaran berbasis eksplorasi dan penelitian.
Kolaborasi antar siswa sangat diperlukan.
Langkah-Langkah:
Pemilihan topik proyek.
Perencanaan dan pembagian tugas.
Pelaksanaan proyek dan investigasi.
Evaluasi dan refleksi hasil.
Presentasi proyek.
Keunggulan:
Mengembangkan kreativitas dan inovasi.
Meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa.
Kelemahan:
Membutuhkan sumber daya yang memadai.
Tidak semua siswa memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik.
CTL adalah pendekatan pembelajaran yang menghubungkan materi pelajaran dengan konteks kehidupan nyata siswa.
Karakteristik:
Berorientasi pada pembelajaran bermakna.
Menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari.
Menggunakan berbagai strategi aktif.
Strategi CTL:
Konstruktivisme: Siswa membangun pemahaman sendiri.
Inkuiri: Pembelajaran berbasis eksplorasi.
Questioning: Penggunaan pertanyaan sebagai alat berpikir.
Learning Community: Siswa bekerja sama dalam kelompok.
Modeling: Guru memberikan contoh nyata.
Reflection: Evaluasi dan introspeksi pembelajaran.
Authentic Assessment: Penilaian berbasis kinerja nyata.
Keunggulan:
Meningkatkan keterlibatan siswa.
Mempersiapkan siswa untuk menghadapi dunia nyata.
Kelemahan:
Membutuhkan waktu lebih lama untuk perencanaan.
Membutuhkan kesiapan guru dalam mengaitkan materi dengan dunia nyata.
Sources:
Slavin, R. E. (2014). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Pearson.
Barrows, H. S. (1986). A Taxonomy of Problem-Based Learning Methods. Medical Education, 20(6), 481-486.
Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. Autodesk Foundation.
Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here to Stay. Corwin Press.
Metode Pembelajaran - Pengertian, Makalah, Model Dan Macamnya. https://www.dosenpendidikan.co.id/model-pembelajaran/.
Model Pembelajaran: Pengertian, Ciri, Jenis & Macam Contoh. https://serupa.id/model-pembelajaran-pengertian-ciri-jenis-macam-contoh/.
Model Pembelajaran Menurut Para Ahli - WartaGuru.ID. https://wartaguru.id/model-pembelajaran-menurut-para-ahli/.
5 Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli (Terlengkap). https://www.seputarpengetahuan.co.id/2021/12/pengertian-model-pembelajaran.html.
Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli Beserta Ciri dan .... https://kumparan.com/berita-hari-ini/pengertian-model-pembelajaran-menurut-para-ahli-beserta-ciri-dan-contohnya-1vFWkJ68iIV.
Pembelajaran Abad 21: Pengertian, Model, dan Konsep 4C. https://wartaguru.id/pembelajaran-abad-21-pengertian-model-dan-konsep-4c/