Parid Abdulloh, M.Pd.
Keterampilan Dasar Bimbingan dan Konseling untuk
Teacher-Counselor
Keterampilan dasar bimbingan dan konseling adalah fondasi bagi seorang teacher-counselor dalam memberikan bantuan kepada siswa. Keterampilan ini memungkinkan seorang teacher-counselor untuk membangun hubungan yang kuat, memahami masalah siswa, dan memberikan solusi yang efektif.
Memberikan perhatian penuh: Melibatkan kontak mata, bahasa tubuh terbuka, dan menghindari gangguan.
Menunjukkan empati: Memahami dan merasakan apa yang dirasakan siswa.
Menanyakan pertanyaan terbuka: Pertanyaan yang mendorong siswa untuk menjelaskan lebih lanjut.
Meringkas: Mengulang kembali apa yang telah dikatakan siswa untuk memastikan pemahaman.
Pertanyaan terbuka: Memulai dengan kata tanya seperti "apa", "bagaimana", "mengapa".
Pertanyaan tertutup: Untuk mendapatkan informasi spesifik (ya/tidak).
Pertanyaan klarifikasi: Untuk memastikan pemahaman.
Pertanyaan refleksi: Untuk mendorong siswa berpikir lebih dalam.
Spesifik: Fokus pada perilaku tertentu.
Konstruktif: Membantu siswa tumbuh dan berkembang.
Tepat waktu: Memberikan umpan balik segera setelah peristiwa terjadi.
Menganalisis informasi: Menggabungkan berbagai informasi untuk memahami makna yang lebih dalam.
Menghindari generalisasi: Tidak membuat kesimpulan yang terlalu luas
Realistis: Saran yang dapat dicapai oleh siswa.
Fokus pada solusi: Membantu siswa menemukan solusi sendiri.
Berbasis pada kekuatan siswa: Memanfaatkan potensi yang dimiliki siswa.
Kepercayaan: Menjaga kerahasiaan dan konsistensi.
Empati: Memahami perasaan siswa.
Kehangatan: Menunjukkan sikap yang ramah dan bersahabat.
Mengidentifikasi emosi: Mengenali emosi diri sendiri dan siswa.
Mengelola emosi: Menggunakan teknik relaksasi atau coping yang sehat.
Membantu siswa mengelola emosi: Memberikan dukungan emosional dan mengajarkan keterampilan manajemen emosi.
Sumber Referensi
Corey, G. (2017). Theory and practice of counseling and psychotherapy.
Egan, G. (2013). The skilled helper: A systematic approach to effective helping.
Bordin, E. S. (1983). Counseling as re-education.
Asosiasi Psikologi Amerika (APA)
Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKI)